HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance,           W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

                                                                                                                                                                                                        

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2019 PENGADILAN NEGERI SIDIKALANG

on Selasa, 01 Oktober 2019. Posted in Berita

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2019 PENGADILAN NEGERI SIDIKALANG

Pada hari Selasa, 1 Oktober 2019 Pukul 07.30 WIB bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Sidikalang telah diselenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Adapun Upacara ini dilaksanakan menindaklanjuti Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 109497/MPK.E/TU/2019 tanggal 24 September 2019 dan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1414/SEK/HM.01.2/9/2019 tanggal 27 September 2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019.

 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengambil tema : "Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia." Upacara berlangsung dengan khidmat, bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ibu Dwi Sri Mulyati, SH, sekaligus pembaca Teks Pancasila.

Adapun Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 01 Oktober ini erat kaitannya dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965, dimana peristiwa ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan presiden Soekarno dan usaha PKI (Partai Komunis Indonesia) untuk mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis. Dalam peristiwa itu 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah diculik dan dibunuh. Oleh karena itu setiap tanggal 30 September merupakan hari berkabung nasional ditandai dengan pengibaran bendera setengah tiang. Kemudian Pemerintah Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, sebagai sebuah momen peringatan pembersihan unsur komunis di Negara Indonesia dan mengukuh kembali Pancasila sebagai Ideologi berbangsa dan bernegara.